Kamis, 18 Juli 2013

5 makanan sahabat jantung

Selain kanker, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Hampir 500.000 orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. Kehidupan modern saat ini menuntut gaya hidup yang serba praktis, termasuk dalam  urusan memilih makanan. Maknanan dan minuman fast food menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung.

 Cara terbaik untuk melawan penyakit jantung adalah menjalankan pola hidup sehat, termasuk pola makan. Tersedia berbagai jenis makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral
yang dapat melindungi jantung. Apa saja itu? Berikut kami berikan lima makanan sahabat jantung:

1. Kacang Merah

Semua jenis kacang-kacangan merupakan sumber serat larut yang berfungsi menurunkan kolesterol. Antioksidan dalam kacang-kacangan juga melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas. Kacang merah khususnya memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang disebut anthocyanin.

2. Apel

Belum lama ini, para peneltiti dari Cornell University menemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi satu apel merah setiap hari dapat menghalangi oksidasi LDL, yang berarti penurunan sebanyak 8%. Apel juga mengandung serat larut yang dapat membersihkan dinding pembuluh darah. Campurkan apel dengan oatmeal maka Anda mendapatkan menu makanan pembasmi penyakit jantung.

3. Ikan

Sumber minyak ikan seperti salmon dapat menurunkan LDL hingga 20 persen. Peneliti dari Tuft University dalam studinya menemukan fakta bahwa konsumsi omega 3 dari lemak ikan dalam jumlah banyak dapat menyusutkan partikel LDL yang tersisa di dalam pembuluh darah sebannyak 12 persen.

4. Kacang Almond

Almond mengandung nutrisi yang dapat menjaga kelancaran peredaran darah. Kacang jeis ini merupakan sumber makanan yang baik untuk Vitamin E maupun antioksidan yang bertugas mencegah terjadinya oksidasi kolesterol jahat pada dinding pembuluh darah. Almond juga kaya akan kalsium, magnesium dan lemak sehat yang semuanya baik untuk jantung Anda.

5. Kedelai


Kedelai dan kedlai olahan lainnya (tahu, tempe, dll) baik untuk kesehatan jantung Anda. Kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Kedelai kaya serat dan mengandung asam lemak omega-3. Kedelai olahan seperti tahu dan susu kedelai kaya akan magnesium, kalsium dan kalium yang penting untuk mengatur tekanan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More