Jumat, 19 April 2013

Rutin main game tingkatkan kecerdasan otak


Penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan asal Nanyang Technological University, Singapura, mengungkap bahwa kemampuan kognitif atau berpikir bisa semakin terasah dengan cara bermain game.

Dilansir Machineslikeus, Kamis (14/3/2013), bermain game selama satu jam setiap hari bisa meningkatkan performa pada tugas-tugas terkait sisi kognitif seseorang. Penelitian ini dilakukan oleh Adam Chie-Ming Oei dan Michael Donald Patterson dari Nanyang Technological University.

Penelitian ini melibatkan beberapa partisipan. Partisipan non-gamer memainkan lima game yang berbeda pada smartphone selama satu jam per hari serta lima hari dalam sepekan selama satu bulan.

 Beberapa partisipan bermain game puzzle seperti Bejeweled, yang memungkinkan mereka untuk mencocokan tiga objek identik. Selain itu, mereka juga memainkan game simulasi seperti The Sims, game aksi atau game yang menantang mereka untuk menemukan objek tersembunyi.

Selama satu bulan, peneliti menemukan bahwa partisipan yang bermain game aksi memiliki kemampuan untuk menelusuri beberapa objek dalam kurun waktu singkat. Selain itu, partisipan juga memiliki kecekatan dalam mencocokan tiga objek benda serta peningkatan daya ingat.

Penelitian sebelumnya telah melaporkan bahwa game aksi bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Namun, para peneliti menegaskan bahwa ini merupakan studi pertama yang menunjukkan keterampilan berbeda dapat ditingkatkan dengan jenis game yang berbeda pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More